Selalu di Enam November

06 November 2013 2 komentar
Pada dasarnya ke-12 bulan dalam satu tahun adalah bulan-bulan baik. Tetapi bila ada orang bertanya, "Bulan apa yang paling tidak kamu sukai?" Maka dengan lantang saya akan menjawab, November. Saya tidak pernah mengalami kecelakaan di bulan ini (mudah-mudahan tidak pernah). Saya tidak pernah patah hati di bulan ini. Bukan pula karena saya memiliki kenangan buruk di bulan ini. Hal yang membuat saya tidak suka bulan November adalah, partner saya berulang tahun.

Aneh memang. Saya sebagai orang yang dekat dengan partner seharusnya menjadi orang paling bersemangat menyambut bulan kelahirannya. Fakta di dunia nyata, apa yang disebut seharusnya memang belum tentu terjadi. Setiap akhir bulan Oktober, mendekati pergantian menuju awal bulan November, saya selalu merasa sedikit gelisah dan panik. Pertanyaan 'Saya harus melakukan apalagi di ulang tahunnya?' terus berulang-ulang dalam kepala saya.

Saya bukan tipe orang yang memiliki banyak ide kreatif, walaupun saya bukan pula tipe orang yang tidak mempunyai ide. Ide saya terbatas, dengan periode kedatangan tak dapat diprediksi. Satu hal yang saya sesali, entah kenapa hampir setiap menjelang bulan November, tidak ada ide yang melintas di kepala. Bila di-flash back 5 tahun kebelakang apa yang saya lakukan untuk memperingati ulang tahun partner, akan terlihat betapa tidak kreatifnya saya.

November tahun 2008, saya hanya mengirimkan ucapan ulang tahun tepat pukul 00.00 hal yang katanya lazim dilakukan. Beberapa hari sesudah ulang tahunnya, saya memberinya kado sebuah buku yang tidak saya bungkus kado dan berada dalam kondisi sedikit rusak karena saya simpan di jok motor. Cara memberikannya pun jauh dari kata istimewa cenderung biasa saja karena saya masih malu-malu ketika itu.

November tahun 2009 dan 2010 pun tak jauh berbeda. Ucapan selamat ulang tahun yang tak lagi tepat pukul 00.00 karena saya ketiduran. Kado ulang tahun yang sebulan lebih terlambat diberikan. Maka, silahkan bayangkan sendiri apa yang terjadi pada November tahun-tahun berikutnya  Semuanya dengan konsep yang masih sama, bila tidak mau disebut semakin tidak kreatif.

Sebenernya terlalu naif apabila tidak ada ide selalu menjadi alasan mengapa perayaan di bulan November selalu tidak istimewa. Banyak hal-hal bisa saya tiru  dari yang orang lain lakukan untuk merayakan hari kelahiran. Sayangnya saya juga memiliki kelemahan sulit untuk merealisasikan sesuatu apabila belum terdesak dan tidak beresiko apabila tidak dilakukan. 

November tahun 2012 kemarin sempat saya memiliki ide untuk membuat scrapbook sebagai hadiah ulang tahun. Saya kenal betul partner saya, berbeda dengan saya yang susah kreatif, ia adalah orang yang mengagungkan kreatifitas, maka sudah terbayang senyum dari partner apabila melihat scrapbook yang saya buat. Segala persiapan sudah saya lakukan, mulai dari menyusun konsep, membeli bahan, menjilid scrapbook, bahkan sudah mulai menghiasinya. Sayang, semuanya terhenti di tengah jalan karena alasan saya tidak punya banyak waktu karena saya harus bekerja. Tidak ada scrapbook yang saya hadiahkan dan tidak pula saya melihat senyum partner. Pada akhirnya, konsep perayaan kembali seperti tahun-tahun sebelumnya.



Maka di tahun 2013 ini. Tanggal 6 November, hari wafatnya Cut Nyak Dhien, dan hari kelahiran seorang laki-laki bernama Chandra Egy Setiawan. Saya menulis tulisan ini tepat ditanggal 6 November sebagai bentuk pergerakan agar terlihat lebih kreatif sedikit. 

***
Sebuah doa sederhana di hari luar biasa
Semoga...
Tetap tumbuh menjadi sosok yang bisa mengispirasi
teman-teman, keluarga, orang lain, dan AKU

Jadilah penyemangat hidup yang memberikan semangat tak kenal padam

Dikala sedih dan senang

Dikala kesendirian dan kesepian menyelimuti

Selamat Ulang Tahun, 
Pendengar yang baik dikala suka
Penyemangat ulung dikala duka
Motivator ampuh dikala jatuh
Teman diskusi hebat saat duduk berdua
dan
Partner menyelesaikan masalah hidup bersama

Kamu..

Bintang Hidupku

Aku slalu bernyanyilagu yang engkau ciptakankau nyanyikan

Dan aku slalu ikutisemua cerita tentangmuhari-harimu

Kau jadi inspirasikusmangat hidupdi kala aku sedihdi kala aku senangsaat sendiri dan kesepiankau bintang di hatiku

Apapun yang kau lakukanbaik dan buruk bagikutetap indah

Tak satupun alasanuntuk melupakanmumeninggalkanmu

Aku slalu berdirimendukungmudi kala engkau terbangdi kala engkau jatuhsampai mati ku kan tetap setia

Aku slalu berdiridibelakangmudikala kau dipujadikala kau dihinasampai mati ku kan tetap membela

Kau tetap..bintangku...Kau lah superstar... ku...

***
Sebenarnya, ide menulis ini agak melenceng dari ide awal. Karena seharusnya, saya mempersembahkan video stop motion sebagai hadiah ulang tahun. Stop motion atau yang dalam bahasa Indonesia disebut gerak henti adalah sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan berkelanjutan. Jadi foto-foto diatas sebenarnya adalah bahan-bahan untuk membuat video tersebut. Sayangnya karena keterbatasan kemampuan membuat video yang belum mahir dan ketersedian waktu yang tidak banyak, ide hanya menjadi ide. Sebagai gantinya, saya persembahkan sebuah boneka tiruan danbo yang saya buat sendiri semalaman dan sebuah tulisan alakadarnya disela-sela persiapan saya mau UTS esok hari. (DIR)

Bila semuanya terasa kurang spesial, maafkanlah. Karena ternyata yang spesial cuma kamu. Winner.




2 komentar:

  • Annis Alia Amini mengatakan...

    Aaah kaliaaan, buruaaan nikaaaah aku ingin liat bagaimana lucunya junior kalian hehehe

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Dea Insani Ramadhan | TNB